Jumat, 04 November 2011

Life is Learn

Jika ada yg mngatakan "Life is Simple", it's absolutely wrong. Life isn't simple, life's complicated. Manusia akan dhadapkan pd bnyk masalah smenjak dia Lahir ke dunia ini. Hingga kmatiannya pun manusia akan mninggalkan bnyk masalah utk dunia.

Masalah ptama yg akan dhadapkan manusia saat Lahir adl bgmana caranya btahan hidup. Tidak smua bayi bruntung diLahirkn ke dunia ini dgn kasih sayang org tua dan keluarga. Pernahkah kita mdengar kelahiran yg tdk dharapkan? Masih bnyk lagi hal di dunia ini Yg tdk skedar 'simple' dan dipandang sblh mata.

Lalu bgmana cara manusia itu sendiri utk dpt mhadapi pmasalahan dlm hidupnya? Hal ptama yg tbersit dlm pikiran saya adl ikhlas, pasrah, mnerima apa yg ada pd dri kita. Dalam agama apapun mngajarkan manusia utk tetap bsyukur dgn kondisi apapun yg Tuhan berikan. Lalu bgmana cranya agar manusia snantiasa bsikap ikhlas?

Ikhlas,mgkn tdengar mudah, namun sbnrnya amat sulit dlakukan. Manusia bsa bkata ikhlas scr Lisan, namun jika msh saja mnengok kbelakang, hal itu bisa saja dsangsikan.

Saya bnyk belajar dr sgala hal. Tdk hanya blajar scr formal mlalui bangku skolah, namun jg blajar melalui keadaan dn alam skitar. Itulah salah satu cara saya utk tetap btahan dn ikhlas atas stiap keadaan.

Saya blajar dr ulat yg bmetamorfosis mjd kumbang utk mptahankn siklus khdupannya, belajar dr hubungan antara kerbau dn burung jalak scara simbiosis mutualisme demi kberlangsungan satu sama Lain, dn blajar dr Landak bduri yg memiliki perisai utk mlindungi kbradaan'y.

Saya blajar bnyk dr rumput liar yg tetap kokoh walau dpandang sblh mata. Saya brusaha mmahami ngapa Albert Einstein butuh ribuan kali pcobaan hingga akhrnya dkukuhkan sbg penemu listrik. Serta saya brusaha mngerti mngapa ptinggi di negeri ini berebut kursi kpemimpinan meskipun hr pmilihan suara jauh dr pandangan mata.

Banyak hal yg saya pelajari dr sgala aspek kehidupan. Hidup adalah misteri dmn bnyk yg hrus dpecahkan dn dplajari. Namun entah mngapa saya belum jg dpt blajar dr diri sendiri. Belum bnyk yg dpt dieksplorasi dr diri ini atas ilmu pngetahuan, pmikiran, dan pngalaman. Mungkn jwbnnya hanya satu, kembali Lg, sy hrus bsa Lbh ikhlas pd dri sndri, shingga jiwa ini bsa lbh tbuka dn menemukan apa yg msh tsimpan dgn baik dn dpt dkembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar